Masakan padang di indonesia

 1. Rendang

Jika mendengar kata padang , pasti hal yang pertama kali terpikirkan adalah rendang. rendang adalah salah satu makanan khas padang yang terbuat dari daging sapi yang dimask menggunakan bumbu dan rempah dalam waktu yang lumayan lama yang membuat rasa nya enak dan lezat ya ,  ini tidak perlu ditanya rasa nya lagi ya guys yaa 



saat ini rendang sudah terkenal di manapun ya guys yaa sehingga tidak sulit untuk menjumpai makanan khas yang satu ini.


2. Sate Padang
Makanan khas yang selanjutnya adalah sate padang. beda dengan sate yang lain kuah sate padang ini di masak dengan tepung beras sampai kental ya teman2 . Sate padang biasanya disajikan dengan potongan ketupat dan tambahan kerupuk jangek yang dicocol ke dalam sausnya sehingga rasanya lebih enak dan pas .


Sate padangmemiliki beberapa jenis dan tiap jenis nya mempunyai ciri yang berbeda. seperti sate panjang padang yang kuah atau saus nya identik dengan berwarna kuning ya teman2,  dan dilengkapi dengan parutan kelapa, sehingga menciptakan rasa yang gurih .

3. Ayam Pop

ayam pop merupakan sajian atau makanan  populer jika sedang berkunjung ke rumah makan padang. ayam pop merupakan ayam yang mempunyai rasa yang gurih dan nikmat ya . keunikan nya meskipun sudah di goreng tetapi warna dari ayam ini tetap putih pucat ya guys . Jika kalian ingin mencicipi rasa ayam pop yang otentik, cobalah untuk datang langsung ke daerah Bukit tinggi, Sumatera Barat.



4. Dendeng Batokok

Dendeng batokok merupakan salah satu masakan dendeng sapi yang dimemarkan hingga pipih kemudian digoreng setengah kering. lalu pada saat di hidangkan , dendeng tersebut disiram dengan sambal cabai hijau yang pedas dan ditambah dengan potongan tomat  yang asam dan segar. 


5. Soto Padang
soto padang ini merupakn hidangan berkuah yang memiliki racikan khas yang membuat nya berbeda dari yang lain ya. salah satu soto yang enak dan terkenal di sumatra adalah soto padang ya. makanan ini disajikan dengan  dengan kuah kaldu yang gurih dan berempah dengan isian soun, dendeng sapi atau daging sapi goreng, kentang goreng atau perkedel, daun bawang, bawang goreng, dan kerupuk merah. makanan ini sangat cocok di makan menggunakan nasi hangat ya teman2.

6. Dendeng Balado
makanan yang satu ini juga sangat gampang di jumpai ya , dijumpai di rumah makan Padang. Dendeng balado biasanya digorengsetelah garing  dipadukan dengan bumbu cabai yang berlimpah sehingga membuat rasa pedas , gurih dan nikmat.

7. Ikan Asam Padeh
Ikan asam padeh merupakan salah satu makanan atau menu populer di rumah makan padang ya teman2 . Makanan ini merupakan jenis gulai ikan yang memiliki kuah khas asam pedas sehingga membuat banyak orangketagiahn dan ingin mecoba nya ya.

Walaupun termasuk ke dalam jenis gulai,namun kuliner ini tidak menggunakan satan lo guys ,saat proses memasaknya, namun kuah merahnya dihasilkan dari banyaknya cabai yang digunakan dan rasa asamnya berasal dari asam kandis dalam racikan bumbu nya ya .

8. Gulai Itiak
Gulai itiak merupakan kuliner yang menggunakan itik atau bebek untuk bahan utama nya ya guys. Diolah menggunakan bumbu yang mimiliki rasa gurih manis pedes, gulai itiak akan sangat nikmat apabiladi makan dengan nasi hangat ya guys .

9. Kalio Daging
Kalio daging merupakan olahan daging juga yang mirip dengan rendang ya . Namun jangan salah, meskipun terlihat mirip namun kalio daging ini berbeda dengan rendang ya guys. Apabila rendang dimasak hingga kuahnya mengental dan berwarna hitam, kalio daging hanya dimasak hingga kuahnya menggental sekali hinngga kuah berwarna coklat dan berminyak ya teman2.

Singkatnya, kalio dagiang merupakan salah satu tahapan dari memasak rendang sebelum kuahnya benar benar menyusut atau menyerap ke daging sampai habis ya .

10. Gulai Tauco
Gulai tauco merupakan salah satu kuliner khas padang yang memiliki rasa gurih dan nikmat ya. Gulai tauco tentunya terbuat dari tauco yang di masak menggunakan bumbu santan , buncis, dan tahu. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai sayur pelengkap ketupat lontong dan dimakan menggunakan kerupuk merah agar menambah kenikmatan dan cita rasa nya ya teman2



Komentar